Wednesday 13 May 2020

Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Dihack Orang

Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Dihack Orang
Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Dihack Orang

Cara Mengamankan Akun Instagram Agar Tidak Dihack Orang Instagram merupakan salah satu media social yang sangat popular, Indonesia merupakan salah satu pengguna Instagram terbanyak di dunia. Pengunan yang mudah membuat Instagram banyak disukai oleh penggunanya.

Sama seperti media social lainya, Instagram juga tidak lepas dari peretasan. Baik akun dengan jumlah follower kecil hingga besar tak lepas dari peretasan. Terlebih akun Instagram yang memiliki pengikut yang banyak, pasti akan merasakan akibat dari peretasan.

Baca Juga : Cara Mencari dan Menggunakan Filter Instagram Stories Terbaru
Tentu saja hal ini merugikan bagi pemilik akun yang diretas, data pribadi dan privasi mungkin saja disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika pemilik akun yang asli harus kehilangan akunnya, pastinya akan menjadi kerugian. Untuk itu pada artikel kali ini akan membahas cara untuk mengamankan akun Instagram dari peretasan.

Cara Mengamankan Akun Instagram



1. Gunakan password yang kuat


Cara pertama yang dapat kamu coba adalah membuat password yang kuat. Gunakan password yang rumit dan unik, sehingga password susah untuk ditebak oleh orang lain. Jika kamu menggunakan password dengan tanggal lahir atau hal-hal yang berhubungan dengan kamu, sebaiknya kamu ganti sekarang juga.
Karena hal ini memiliki potensi akun kamu dihack oleh orang lain. Gunakan password yang kuat bisa dengan menggunakan kombinasi huruf kapital dan angka. Tentu saja ini menjadi pelindungan pertama akun Instagram dari ancaman peretasan.

2. Aktifkan Two-Factor Authentication


Dengan mengaktifkan fitur ini kamu akan mendapatkan notifikasi setiap ada yang mau masuk ke akun kamu. Selain itu kamu juga mendapat kode yang dikirim ke nomer  yang digunakan untuk proses login.
Two-Factor Authentication ini akan mengamankan akun kamu agar tidak mudah diretas. Jadi sangat disarankan agar kamu untuk mengaktifkan fitur ini. Dan pastikan juga nomer yang kamu gunakan benar dan aktif.


3. Hindari penggunaan aplikasi pihak ketiga


Hindari penggunaan aplikas pihak ketiga, terlebih jika aplikasi tersebut harus memasukan username dan password akun kamu.  Saat ini banyak aplikasi atau website yang meminta terhubung ke social media, salah satunya adalah Instagram.
Jadi sebelum kamu menggunakan aplikasi  dan setuju dengan permintaan akses, sebaiknya kamu perhatikan lagi tentang kemamanan akun kamu.


Demikian tadi cara sederhana untuk mengamankan akun Instagram agar tidak dihack oleh orang lain. Semoga dengan menerapkan cara ini dapat membantu mengamankan akun Instagram kamu. 


EmoticonEmoticon